Tiga Kunci Kemenangan All New Mazda2 Sebagai Car of The Year Auto Bild Indonesia


Kehadiran All New Mazda2 pada tahun lalu memberikan sebuah kejutan untuk pangsa pasar hatchback di Indonesia. Hadir dengan perubahan signifikan baik dari desain eksterior, interior, hingga fitur membuatnya menjadi tolak ukur mobil sekelasnya. 
Ada tiga elemen kunci yang membuat All New Mazda2 terpilih menjadi Car of The Year 2015 Auto Bild Indonesia. Ketiga elemen tersebut yakni SKYACTIV Technology, KODO – “Soul of Motion”Design, dan i-ACTIVSENSE. Tidak heran bila All New Mazda2 mampu menyabet banyak gelar di berbagai negara. 
 
SKYACTIV Technology
Teknologi SKYACTIV Mazda merupakan sebuah perpaduan yang sempurna antara performa berkendara, teknologi ramah lingkungan serta irit bahan bakar . Seperti halnya mesin SKYACTIV-G berkapasitas 1.500 cc yang digunakan pada All New Mazda2 terbukti sangat efisien dengan teknologi injeksi langsung serta rasio kompresi yang sangat tinggi yakni 13:1 Bobotnya yang ringan dengan resistensi mekanis yang rendah membuatnya mampu irit di segala medan.
Terbukti ketika beradu pada Liga Irit di Auto Bild Indonesia, All New Mazda2 dengan mesin konvensional mampu mengalahkan mobil-mobil lainnya dengan teknologi yang lebih canggih yakni Hybrid dan Turbo. Keiritan tersebut tidak lepas dari dukungan terobosan teknis yakni dual sequential valve timing, multi-hole injectors, cavity pistons, dan sistem pembuangan gas buang 4-2-1.  Melalui inovasi teknis tersebut membuat mesin All New Mazda2 mempunyai banyak keunggulan salah satunya efisiensi bahan bakar.
Pada bagian transmisi, All New Mazda2 mempunyai dua jenis transmisi enam percepatan yakni manual SKYACTIV-MT dan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE. Dengan kemampuan lock-up range yang dapat diperpanjang hingga 93%, pengemudi dapat menikmati sensasi berkendara yang menakjubkan layaknya menggunakan transmisi manual pada SKYACTIV-DRIVE, seperti perpindahan antargigi yang sangat cepat dan halus. Soal akselerasi bertenaga juga tidak diragukan lagi.
Sedangkan pengemudi yang merasa lebih senang untuk mengontrol penuh perpindahan gigi, Mazda mempunyai SKYACTIV-MT. Transmisi manual generasi terbaru ini memiliki enam percepatan dengan stroke yang sama pendek dan perpindahan yang positif serta ringan seperti pada Mazda MX-5, yang dicapai melalui perancangan ulang dari mekanisme perpindahan internal untuk aksi yang lebih efisien dan friksi yang minimum.
 
DESIGN KODO “Soul of Motion” 
Bila diperhatikan eksterior All New Mazda2 berubah signifikan dibanding pendahulunya. Adalah desain KODO “Soul of Motion” yang diterapkan oleh para desainer Mazda yang telah menjadi karakter seluruh produk Mazda global. Chief Designer All New Mazda2, Ryo Yanagisawa mengatakan desain ini menghembuskan sebuah kehidupan pada potongan-potongan baja sehingga menjadikannya tampil penuh gairah dan menonjol dari mobil lainnya di kelasnya.
Adapun desain pada All New Mazda2 ini menurut Yanagisawa terinspirasi dari seekor cheetah yang seolah siap menerkam mangsanya. Gerakan tersebut diterjemahkan ke dalam pelepasan energi yang terkonsentrasi di bagian belakang kendaraan.Bila diperhatikan dengan seksama, bagian bahu kendaraan terangkat tinggi dan fender belakang menggembung sehingga memperlihatkan akumulasi energi tersebut yang dilepaskan dalam bentuk ledakan pada saat kendaraan bergerak maju.
 
i-ACTIVSENSE 
All New Mazda2 semakin lengkap dengan adanya i-ACTIVSENSE sebuah teknologi keamanan aktif milik Mazda yang dirancang untuk mengingatkan pengemudi, membantu mengantisipasi dan mencegah bahaya dalam perjalanan. Ada tiga fitur dalam i-ACTIVSENSE ini yakni Advanced Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert dan Smart City Brake Support. Ketiga fitur tersebut akan membantu dalam menjelajah jalanan Ibu Kota.
Contohnya pada fitur Advanced Blind Spot Monitoring berguna ketika Anda menelusuri jalan gelap dan hendak menyusul kendaraan di depan, fitur ini akan memberi peringatan berupa bunyi yang keras dan tanda lampu berwarna oranye di ujung spion. Ini sebagai peringatan bahwa ada kendaraan lain di sisi sebelah kanan atau kiri saat mau berpindah jalur.
Sedangkan fitur RCTA (Rear Cross Traffic Alert) berguna ketika akan mundur. Sangat membantu ketika Anda keluar dari parkiran sensornya akan memberi peringatan bila ada mobil yang melintas di belakang dan tidak terlihat karena terhalang oleh mobil lain di sebelah kanan atau kiri. 
Fitur lainnya yang tidak kalah penting ialah smart city brake support (SCBS). Cara kerja fitur ini ialah bila dalam kecepatan tertentu mobil akan mengerem secara otomatis ketika kendaraan di depan mobil Anda melakukan rem mendadak. Fitur akan bekerja dalam rentang kecepatan 4 – 30 km/jam.
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://www.dealermazdajogja.com/berita/tiga-kunci-kemenangan-all-new-mazda2-sebagai-car-of-the-year-auto-bild-indonesia
SHARE
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM